2. Digital Home Recording (part 2)

Posted on Updated on

Bit depth dan sample rate

Seringkali Anda melihat angka-angka “ajaib”, seperti 16 bit, 24 bit, 44.1 kHz, 96 kHz, dan sebagainya. Apakah Anda paham dengan istilah-istilah tersebut? CHIP akan menjelaskan arti dari istilah penting tersebut.

Bit depth digunakan untuk mendefinisikan jumlah variasi yang bisa digunakan untuk merepresentasikan suatu sampel data analog ke dalam digital domain. Sebagai contoh, bit depth sebesar 16 bit sama dengan 2 pangkat 16 atau 65.536 variasi, sedangkan 24 bit sama dengan 16.777.216 variasi (2 pangkat 24). Semakin tinggi variasi yang tersedia, tentunya akan semakin baik pula kemampuan suatu data digital dalam merepresentasikan data analog.

31-tabel

Bit depth juga sering sering dihubungkan dengan dynamic range. Dynamic range sendiri bisa dianalogikan sebagai selisih antara nilai minimum dengan maksimum (misalkan antara suara tetes air di lantai yang sangat pelan dengan suara halilintar di langit yang sangat menggelegar).

Semakin tinggi bit depth sama dengan semakin tinggi variasi data, yang juga berarti semakin tinggi selisih antara suara minimum dengan maksimum. Patokan standarnya adalah penambahan 1 bit depth = 6 dB dynamic range. Jadi, 16 bit sama dengan 96 dB dynamic range. Sebagai catatan, penambahan suara 3 dB sama dengan penguatan suara sebesar dua kali lipat.

Sample rate digunakan untuk mendefinisikan jumlah sampel yang diambil per detiknya. Sampel ini tentunya digunakan untuk merepresentasikan data analog di dalam dunia digital. Secara teori, semakin tinggi sample rate, maka semakin tinggi jumlah sampel yang diambil per detiknya dan tentunya kualitas yang dihasilkan juga semakin baik.

Format standar yang umum digunakan untuk sample rate adalah 44.1dan 48 kHz. Nilai lainny biasanya merupakan faktor kelipatan dari dua nilai ini (misalkan 88.1 kHz, 96 kHz, ataupun 176,2 dan 192 kHz).

Analogi lain yang lebih mudah dipahami adalah seperti jumlah frame yang diambil per detiknya (FPS) dalam video recorder. Video 30 FPS tentu lebih baik daripada video 15 FPS.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s