3. Digital Home Recording (part 3)

Posted on Updated on

Konektor: balanced dan unbalanced
Dalam dunia rekaman/professional audio, Anda akan menemukan kabel dan konektor dengan tiga jalur (sinyal, sinyal out-of-phase, dan ground), bukan dua (sinyal dan ground). Konektor ini dikenal dengan istilah balanced, sedangkan konektor dua wire biasa dikenal dengan istilah unbalanced.

Konektor balanced sering digunakan dalam dunia rekaman karena standar balanced ini lebih tahan terhadap noise. Bisa dikatakan, hampir semua peralatan interkoneksi dalam industri rekaman (sound card, mixer, microphone, dan speaker) menggunakan koneksi ini.

22-breakoutbox

Perangkat pendukung: apa yang Anda butuhkan?
Setelah mengenal dasar-dasar digital audio, kini saatnya Anda mulai mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan. Pada dasarnya, Anda akan membutuhkan beberapa perlengkapan berikut.

Komputer atau PC merupakan komponen yang sangat dibutuhkan dalam membuat sebuah home recording. PC akan digunakan untuk melakukan berbagai pengolahan atau editing dari hasil rekaman. Oleh karena peran yang cukup vital, maka sebuah PC yang berkecepatan tinggi akan dibutuhkan. Sebaiknya, spesifikasi dasar PC adalah prosesor 3 GHz ke atas, memori 1 atau 2 GB, dan hard disk minimal 120-200 GB (disarankan 400 GB atau lebih).

Komponen lain, seperti video card, sebenarnya tidak terlalu banyak berpengaruh. Namun, pertimbangkan video card yang memiliki dual output agar Anda bisa menggunakan dua tampilan. Monitor juga sebaiknya berukuran minimal 17” dengan resolusi minimum 1280×1024. Bekerja di resolusi 1600×1200 akan lebih menyenangkan karena layar Anda akan jauh lebih lega. Pertimbangkan juga penggunaan LCD untuk menghemat tempat.

Komponen terakhir yang perlu diperhatikan adalah power supply dan casing yang baik. Sebisa mungkin gunakan power supply yang berkualitas baik (karena ini cukup mempengaruhi kualitas suara). Casing dengan sirkulasi udara yang bagus dan tidak bising juga penting. Fan yang terlalu berisik bisa menjadi noise sehingga mengganggu dalam ruangan studio yang sunyi senyap.

Sound card merupakan komponen kedua yang sangat penting. Tanpa sound card, Anda tidak bisa menggunakan PC untuk mendengar ataupun merekam suara. Saat ini, tersedia sangat banyak pilihan sound card di pasaran. Untuk keperluan rekaman, sebaiknya Anda memilih sound card yang dikhususkan untuk keperluan tersebut.

One thought on “3. Digital Home Recording (part 3)

    JuNg'S said:
    November 14, 2009 at 8:54 am

    kk saya mau tanya…

    hm…sy hobi bermusik dan sy pernah rekaman menggunakan digital home recording dengan teman saya…
    dia menggunakan software fruity loop 8 PE..
    trus hardware tambahan (yg seperti gambar itu) saya gtw namanya…

    nah skrg sy mo coba record n mixing sendiri,,,FL8 udh saya pelajari,,,tp pas sy coba rekam langsung (colok kabel jack gitar or mic ke laptop) tanpa alat itu…suaranya malah gk jelas…

    sy mau tanya alat yg di gambar itu emg fungsinya buat apa??
    sy gk ngerti elektro sm sekali…
    n kira2 ada yg jual gk n namanya apa gitu kk???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s