Perkembangan Web

Posted on

PHP

PHP adalah akronim untuk Hypertext Preprocessor merupakan script bahasa komputer yang didesain untuk menghasilkan halaman web dinamis. Script tersebut dapat digunakan dalam interface command line tapi juga bisa digunakan pada applikasi grafis standalone.

PHP pertama kali di temukan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995 kemudian standart pengembangan PHP dilakukan oleh PHP Group. Lisensi yang digunakan pada PHP berkiblat pada Free Software nya Free Software Foundation.

PHP adalah script bahasa pemprograman yang paling banyak digunakan untuk pengembangan applikasi berbasis web karena script PHP dapat di masukan ke dalam HTML. Pada sebuah web server, kode PHP dapat menjadi sebuah masukan (input) untuk menghasilkan keluaran (output) berupa halaman web. Hal ini dapat dilakukan pada sebagian besar web server dan juga pada sebagian besar sistem operasi yang memiliki platform berbeda. PHP telah di install di lebih dari 20 millar websites dan lebih dari 1 milyar server. Silakan kunjungi web Rasmus Lerdorf’s penemu awal PHP.

MySQL

MySQL adalah sistem manajemen database SQL yang Open Source dan paling populer saat ini yang multithreaded, multi-user SQL database managemen sistem (DBMS). Ulf Micheal Widenius adalah penemu awal versi pertama MySQL kemudian pengembangan selanjutnya dilakukan oleh perusahaan MySQL AB. MySQL AB adalah sebuah perusahaan komersial yang didirikan oleh para pengembang MySQL. MySQL sudah digunakan lebih dari 11 millar instalasi saat ini. Informasi-informasi terbaru mengenai MySQL dapat diperoleh dengan mengunjungi websitesnya di http://www.mysql.com/.

Berikut ini adalah pengembangan-pengembangan yang terjadi pada MySQL :

1. Release pertama MySQL dilakukan pada 23 May 1995

2. Versi Windowsnya di release pada 8 Januari 1998 untuk Windows 95 dan NT

3. Versi beta 3.23 dikenalkan pada Juni 2000 dan releasenya pada Januari 2001

4. Versi 4.0 beta dikenalkan pada Agustus 2002 dan direlease pada Maret 2003

5. Versi 4.1 beta dikenalkan pada Juni 2004 dan di release pada Oktober 2004

6. Versi 5.0 beta dikenalkan pada Maret 2005 dan di release pada Oktober 2005

7. Versi 5.1 saat ini sedang dalam tahap re produksi sejak November 2005.

8. MySQL untuk Sun Microsystems dikenalkan pada 26 February 2008.

Seorang administrator database MySQL biasanya menggunakan tools command line seperti perintah mysql atau msqladmin. Juga dapat mendownload tools GUI administration untuk MySQL seperti MySQL Administrator atau MySQL Query Browser. Kedua paket tersebut biasanya disebut dengan MySQL GUI Tools. Kita juga mengenal phpMyAdmin yakni software yang free merupakan interface berbasis web untuk inplementasi MySQL pada PHP. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi situs MySQL AB Team, atau Ulf Micheal Widenius

AJAX

Ajax adalah singkatan dari asynchronous Javascript and XML juga merupakan kelompok yang terkait dengan teknik pengembangan web interaktif. Ajax bukanlah bahasa programming, Ajax adalah teknik lintas platform yang dapat digunakan pada sistem operasi yang berbeda, arsitektur komputer yang berbda dan sampai pada web browser yang berbeda berdasarkan pada standart opensource seperti JavaScript dan DOM. Jesse James Garrett adalah orang yang memberikan nama Ajax pada tulisannya yang berjudul Ajax : A New Approach to Web Applications yang dipublikasikan pada 18 Oktober 2005.

ajax-fig1_small

Perbandingan Model Aplikasi Web Tradisional dengan Model Web Ajax

Artinya Ajax sebenarnya hanya sebuah nama, sebelumnya Google map telah menggunakan applikasi pada Ajax sebelum Ajax dijadikan sebagai nama. Ajax dibangun dari teknologi yang saling terkait yakni (XHTML, CSS, DOM, XML, JavaScript) yang digunakan dalam pengembangan applikasi web dinamis. Silakan kunjungi websites Jesse James Garrett.

jQuery

jQuery adalah sebuah library pada JavaScript yang mengatur interaksi antara JavaScript dan HTML. Di release pertama kali pada Januari 2006 di BarCamp Oleh John Resig. jQuery memiliki dua lisensi yakni dibawah Lisensi MIT dan Lisensi GNU Public License. jQuery adalah free Software dan Open Software. jQuery terdiri dari file JavaScript didalamnya terdapat DOM, Event, Effect dan Fungsi Ajax.

jQuery terdiri dari fitur-fitur berikut :

1. DOM element selection

2. DOM transversal and modification (termasuk support pada CSS 1-3 dan basic XPath)

3. Events

4. CSS manipulasi

5. Effek dan animasi

6. Ajax

7. Extensibility

8. Utiliti seperti browser

9. JavaScript Plugins

Zend Framework

Zend Framework adalah open source, aplikasi web objek oriented yang di implementasikan pada PHP 5 dan berlisensi dari New BSD License. Zend Framework yang sering disebut dengan ZF dikembangkan dengan tujuan mempermudah pengembangan web.

ZF mulai dikenal ditahun 2005 bersamaan juga dengan munculnya beberapa framework baru seperti Ruby on Rails dan Spring Framework yang mulai populer dikalangan pengembang web. ZF dipublikasikan pertama kali pada Zend Conference.

Zend Framework memberikan komponen yang dibutuhkan dalam pengembangan web termasuk didalamnya adalah authentikasi dan authorisasi melalui access control list (ACL), konfigurasi applikasi, data caching, filtering/validasi data user, internationalization, fungsi interface ke AJAX, e-mail, Lucene format searc index dan queri, dan Google Data API.

Phyton

Python ditemukan pertama kali oleh Guido von Rossum pada tahun 1990 dimana nama tersebut terinspirasi dari pertunjukan sirkus. Selanjutnya Phyton dikembangkan secara sukarela oleh para volentir dan dapat diperoleh secara gratis dari Python Software Foundation. Versi terakhir Python yang di release pada september 2006 adalah versi 2.5.

Phyton memiliki banyak varian. Phyton yang terdapat pada Python Software Foundation ditulis dengan bahasa C. Belakangan ini python juga di tulis berbasis java yang disebut dengan Jython. Kemudian IronPython adalah Phyton dalam versi C# yang terdapat pada applikasi .Net dan mono platform.


One thought on “Perkembangan Web

    web said:
    April 22, 2009 at 2:42 pm

    Keren Abiezzzzz

    Bisa Buat Tutorial2 Singkat GA?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s