Review MacBook Air Pro (2013)

Posted on

Engadget
KOMPAS.com — Apple memperkenalkan lini baru seri notebook tipis, MacBook Air, pada ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) 2013 di San Francisco, Selasa (11/6/2013).

Lini baru perangkat tersebut hadir dalam sasis yang sama persis dengan produk yang diluncurkan pada tahun 2010 silam. Ukuran layarnya pun masih sama, yaitu 11,6 inci dan 13,3 inci.

Yang menjadi pembeda antara produk lama dan baru terletak di segi prosesornya. MacBook Air keluaran tahun 2013 nantinya akan dipersenjatai dengan prosesor terbaru milik Intel, yaitu seri Haswell.

Penggunaan prosesor seri baru ini berdampak besar bagi MacBook Air. Haswell tidak “memakan” daya sebesar prosesor generasi sebelumnya. Artinya, MacBook Air baru ini bisa beroperasi lebih lama dibandingkan generasi sebelumnya.

Dengan prosesor baru ini, Apple mengklaim, MacBook Air dapat hidup selama 12 jam untuk versi 13 inci dan 9 jam untuk versi 11 inci. Kemampuan tersebut meningkat dari 7 jam dan 5 jam dari model tahun lalu.

Kemampuan grafis dari MacBook Air juga meningkat. Berkat Intel HD Graphics 5000 yang tertanam di prosesor, kemampuan GPU meningkat hingga 40 persen.

Selain dari segi prosesor, model baru ini nantinya akan hadir dengan WiFi 802.11ac dan juga media penyimpanan flash storage yang menjanjikan peningkatan kecepatan hingga 45 persen dibandingkan generasi terakhir.

Kedua model MacBook Air baru sudah mulai dijual di situs Apple. Harga dari perangkat tersebut pun mengalami penurunan dibandingkan generasi sebelumnya. Untuk versi 13 inci ditambah media penyimpanan berkapasitas 128 GB akan dijual dengan harga mulai dari 1.099 dollar AS dan 1.299 dollar AS untuk model 256 GB.

Versi 11 inci akan dijual dengan harga mulai dari 999 dollar AS untuk versi 128 GB dan 1.199 dollar AS untuk versi 256 GB.

Dikutip dari The Verge, Selasa (11/6/2013), secara default MacBook Air generasi baru akan hadir dengan prosesor berkecepatan 1,3 GHz ditambah RAM 4 GB. Jika kurang menyukai spesifikasihardware standar tersebut, konsumen bisa melakukan pemesanan custom dengan spesifikasi RAM hingga 8 GB, media penyimpanan hingga 512 GB, dan prosesor Intel Core i7 1,7 GHz.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s